Demi Turunkan Emisi Gas Seorang Milyarder Inggris Gelontorkan Dana

- 21 November 2020, 10:55 WIB
Ilustrasi emisi gas rumah kaca. /

UTARA TIMES - Seorang miliarder asal Inggris Chris Hohn berupaya memaksa ratusan perusahaan AS dan Eropa memangkas emisi gas rumah kaca mereka.

Dengan meminta investor global menuntut pemungutan suara tahunan tentang rencana mereka perihal iklim pada pertemuan pemegang saham.

Hohn kemudian muncul sebagai suara utama investor tentang perubahan iklim, menetapkan cara baru bulan lalu dengan menggunakan resolusi pemegang saham untuk memaksa operator bandara Spanyol Aena menyusun rencana iklim baru dan mengajukannya ke pemungutan suara tahunan.

Baca Juga: Guru Belajar Kemdikbud 2020 Seri Masa Pandemi : Jadwal, Syarat, Tahapan dan Cara Daftar

Hohn, pendiri dana lindung nilai TCI, bermaksud meniru model itu di lebih banyak perusahaan dalam dua tahun ke depan dengan menggerakkan investor untuk mensponsori resolusi serupa sebagai bagian dari kampanye Say on Climate.

"Tentu, tak semua perusahaan akan mendukung Say On Climate. Akan ada pertarungan, tapi kami dapat memenangkan suara," kata Hohn dalam webinar dengan perwakilan dana pensiun dan perusahaan asuransi, Kamis 19 November 2020 kemarin.

Yayasan Dana Investasi Anak Hohn mengatakan dana yang ambil bagian mewakili lebih dari 3 triliun dolar (Rp42 kuadriliun) dalam bentuk aset.

Baca Juga: Kerjasama Apple, Microsoft Untuk Mendukung Xbox Series X Buat iPhone

Sebagaimana dikutip Utara Times dari Antara, webinar itu kemudian diunggah pada https://www.sayonclimate.org/presentations di situs Say on Climate.

Kampanye Hohn membuka medan baru dalam dorongan yang lebih luas oleh aktivis investor tentang perubahan iklim.

Halaman:

Editor: Nur Umar

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X