Menjelang Final Copa America 2021, Simak Sejarah Copa America dari Awal Pembentukan Hingga Peraih Gelar Juara!

- 7 Juli 2021, 07:51 WIB
Menuju Final Copa America 2021, Simak Sejarah Copa America dari Daftar Tuan rumah  Hingga Peraih Gelar
Menuju Final Copa America 2021, Simak Sejarah Copa America dari Daftar Tuan rumah  Hingga Peraih Gelar /Insragram @indosiar/

UTARA TIMES – Copa America 2021 edisi ke-47 sedang digelar berlangsung di Brasil pada 13 Juni hingga 10 juli 2021.

Terdapat 10 timnas yang merupakan anggota CONMEBOL diantaranya dalam Grup A adalah Argentina, Bolivia, Uruguay, Chile dan Paraguay. Sedangkan dalam Grup B termasuk tuan rumah Brasil Bersama Kolombia, Venezuela, Ekuador dan Peru.

Kompetisi ini pada umumnya diselenggarakan setiap dua tahun sekali, walaupun intervalnya dapat berubah-ubah dan sempat terjadi pada tahun 1959 penyelenggaraan Copa America dalam satu tahun diadakan dua kali.

Baca Juga: Neymar Ingin Bertemu Messi di Final dan Mendukung Tim Tango dalam Laga Semifinal Argentina vs Kolombia Copa Am

Sejak tahun 1993 untuk memeriahkan penyelenggaraan Copa America, CONMEBOL mengundang negara dari konfederasi lain untuk dapat bertanding dalam Copa America, tetapi selama peyelenggaraan dengan negara undangan belum ada yang dapat menjuarai Copa America ini.

Prestasi terbaik yang dapat diraih adalah sebagai peringkat dua, sebagai contoh Negara Meksiko menjadi tim luar Amerika Selatan pertama yang diundang CONMEBOL untuk tampil pada Copa America yang digelar di negara Ekuador.

Awal sejarah Copa America adalah kejuaraan sepak bola antara negara-negara tertua di dunia melebihi Piala Dunia FIFA, pada mulanya kejuaraan ini diselenggarakan untuk memeriahkan ulang tahun kemerdekaan negara Argentina yang ke 100 tahun.

Mengutip laman resmi kejuaraan Copa America, edisi pertama Copa America digelar pada 6-7 Juli 1916 di Argentina. Turnamen tersebut menggunakan system round robin dimana keempat tim saling bertemu. Pada saat itu, sebuah kemenangan mendapatkan poin 2, imbang 1 dan kalah 0.

Uruguay menjadi pemenang edisi pertama setelah memperoleh hasil dua kemenangan dan satu kali imbang. Pada pertandingan terakhir, Uruguay bermain imbang 0-0 dengan tuan rumah Argentina dalam laga yang berlangsung di Stadion Avellanda.

Halaman:

Editor: Anas Bukhori

Sumber: Copa America


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah