Tepat 39 Tahun yang Lalu Timnas Italia Meraih Juara Piala Dunia 1982

- 11 Juli 2021, 09:36 WIB
Tepat 39 Tahun yang Lalu Timnas Italia Meraih Juara Piala Dunia 1982
Tepat 39 Tahun yang Lalu Timnas Italia Meraih Juara Piala Dunia 1982 /Twitter/@V2F4S/

UTARA TIMES – Pada hari ini tepatnya 11 Juli atau 39 tahun yang lalu Timnas Italia meraih Juara Piala Dunia 1982 yang diselenggarakan di negara Spanyol pada tanggal 13 Juni hingga 11 Juli 1982.

Bertepatan disaat kini Italia berhasil melenggang ke Final Euro yang akan berhadapan dengan inggris berpeluang besar meraih Trofi kompetisi Eropa tersebut. Namun selain pada kompetisi eropa Italia pernah menyabet gelar Piala Dunia.

Pada saat itu, Piala Dunia 1982 ada 24 tim yang berpartisipasi pada putaran final, yang merupakan penambahan peserta dari beberpa edisi sebelumnya (sebelum edisi piala dunia 1982) yang hanya diikuti 16 tim.

Baca Juga: 4 Fakta Copa America 2021 yang Harus Diketahui Sebagai Pecinta Sepak Bola!

Timnas Italia menjuarai turnamen ini setelah menang atas Jerman Barat dengan skor 3-1 pada pertandingan final di Santiago Bernabeu, Madrid. Polandia berada pada tempat ketiga, setelah mengalahkan Prancis dengan skor 3-2 dalam perebutan tempat  ketiga di Stadion  Jose Rico Perez, Alicante.

Pemain Italia Paolo Rossi menjadi pemain terbaik sepanjang turnamen sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang putaran final dengan mengkoleksi 6 gol.

Tidak ada yang memprediksi kalau Piala Dunia ini akan menjadi milik Italia. Dua tahun sebelumnya , kompetisi Gli Azzuri didera skandal pengaturan skor yang disebut totonero dengan tokoh utamanya adalah Milan, Bologna, Perugia, Lazio, Avellino,(Serie A) Taranto dan Palermo (Serie B). Sementara itu skandal ini juga menjerat sang pemain terbaik piala dunia 1982 yaitu striker Paolo Rossi.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 11 Juli 202: Nana Mengetahui Sebuah Rahasia Besar, Ini Isyaratnya!

Gli Azzuri sendiri memulai fase grup dengan catatn yang negatif. Bergabung di Grup A, mereka memang lolos sebagai runner-up di bawah Polandia, tapi itu dengan catatan tiga kali imbang dan hanya unggul produktifitas gol atas Kamerun.

Halaman:

Editor: Anas Bukhori

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah