Menpora Pastikan Indonesia Ikut SEA Games Vietnam Tahun Depan

- 12 Juli 2021, 19:45 WIB
 Menpora Pastikan Indonesia Ikut SEA Games Vietnam Tahun Depan
Menpora Pastikan Indonesia Ikut SEA Games Vietnam Tahun Depan /Tangkapan Layar/kemenpora.go.id

UTARA TIMES - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan Indonesia akan mengirimkan atlet ke SEA Games Vietnam yang telah ditunda penyelenggaraannya hingga tahun depan.

Meski Zainudin menegaskan sasaran utama peningkatan prestasi olahraga Tanah Air adalah Olimpiade, SEA Games tetap dianggap penting untuk diikuti sebagai tolok ukur pembinaan atlet sebelum turun pada kejuaraan-kejuaraan yang lebih besar.

Atlet-atlet yang dikirim ke SEA Games pun nantinya hanya cabang olahraga yang punya peluang besar meraih medali.

Baca Juga: Kontroversial, Ini Deretan Tweet dr Lois Sebelum Resmi Ditangkap Polisi

“SEA Games dan Asian Games itu untuk mencoba kekuatan atlet sebelum Olimpiade. Jadi konsentrasinya sekarang ke kualitas untuk menunjang sasaran utama. Kalau ada yang berangkat tanpa ada peluang medali, ya tidak akan kami kirim,” ujar Zainudin yang dikutip Antara 12 Juli 2021 dalam jumpa pers virtual di Jakarta.

Keputusan penundaan SEA Games 2021 memunculkan kekecewaan bagi Indonesia. Rencana panitia penyelenggara menjadwalkan ulang multievent dua tahunan itu ke tahun depan juga dinilai hanya akan membuat agenda olahraga kian padat serta membuat anggaran pelatnas semakin membengkak.

Namun Zainudin memastikan penundaan itu tidak akan berdampak pada pembengkakan anggaran pelatnas karena model penganggaran saat ini menurutnya lebih dinamis dan tidak lagi terfokus terhadap satu multievent saja.

Baca Juga: Selama PPKM Darurat, Kasus Positif di Indramayu Naik Hingga 250 Orang Perhari, Berikut Penjelasannya

“Bantuan anggaran ke cabor tidak tertuju ke satu multievent tertentu, tapi digunakan untuk beberapa kegiatan, dan secara administrasi tidak ada masalah. Jadi dijalani saja secara paralel, tidak akan terjadi dobel penganggaran,” ujar Zainudin.

Kebijakan tersebut diambil sebagai upaya Kemenpora dalam mengoptimalkan anggaran yang ada di tengah kondisi pandemi COVID-19.

Halaman:

Editor: Nur Umar

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah