Ikuti Kesuksesan Mandalika, Yogyakarta Bakal Bangun Sirkuit Bertaraf Internasional, Wow!

- 25 Januari 2022, 10:10 WIB
Sirkuit  Mandalika, Indonesia/Ikuti Kesuksesan Mandalika, Yogyakarta Bakal Bangun Sirkuit Bertaraf Internasional
Sirkuit Mandalika, Indonesia/Ikuti Kesuksesan Mandalika, Yogyakarta Bakal Bangun Sirkuit Bertaraf Internasional /Laman itdc.co.id

UTARA TIMES - Kanjeng Pangeran Haryo Purbodiningrat yang berencana maju sebagai Calon Ketua Ikatan Motor (IMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), baru-baru menyampaikan keterangan resmi yang berisi ide membangun sirkuit bertaraf internasional di Yogyakarta.

Tidak hanya sirkuit, dirinya juga bercita-cita akan membuat museum otomotif di Kota Gudeg, Yogyakarta.

Perlu diketahui, Kanjeng Pangeran Haryo Purbodiningrat merupakan menantu Sultan Hamengkubuwono X.

Cita-cita menantu Sultan Hamengkubuwono X ini didukung langsung oleh Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Satgas Covid 19 Sebut Motogp Mandalika 2022 Digelar dengan Sistem Bubble

Bamsoet dan Budi Karya, membenarkan adanya wacana membangun sirkuit balap internasional dengan lintasan tanah dan aspal, serta Museum Otomotif dan Transportasi di Yogyakarta.

Selanjutnya, wacana pembangunan sirkuit ini direncanakan akan dibicarakan dengan Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X, di mana pembangunan akan memanfaatkan lahan seluas 128 hektar milik Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

Sementara museum otomotif dan transportasi rencananya memanfaatkan kawasan Gedung DPRD DIY di Jalan Malioboro yang tidak lagi digunakan sebagai kantor anggota DPRD DIY karena akan dipindahkan ke Jalan Kenari.

"Sirkuit tersebut bisa digunakan untuk menggelar berbagai kejuaraan balap. Dari mulai on road seperti road race, drag bike, dan freestyle hingga off road seperti motocross, grasstrack hingga adventure," ujar Bamsoet saat menyampaikan keterangan resmi, Jumat, 21 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Anas Bukhori

Sumber: Antara Jogja


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah