10 Agustus 2022 Hari Apa? Ada Peristiwa Sejarah Penyerangan Malaka oleh Portugis, Sultan Malaka Kabur ke Riau

- 9 Agustus 2022, 20:35 WIB
10 Agustus 2022 Hari Apa? Ada Peristiwa Sejarah Penyerangan Malaka oleh Portugis, Sultan Malaka Kabur ke Riau
10 Agustus 2022 Hari Apa? Ada Peristiwa Sejarah Penyerangan Malaka oleh Portugis, Sultan Malaka Kabur ke Riau /JLS_Creation/Pixabay

UTARA TIMES Tanggal 10 Agustus 2022 jatuh pada hari Rabu, di mana terdapat beberapa peristiwa yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya pada tanggal tersebut.

Berikut penjelasan tanggal 10 Agustus 2022 hari apa lengkap dengan sejumlah peristiwa sejarah yang terjadi.

Diketahui bahwa jauh sebelum tanggal 10 Agustus 2022, terdapat peristiwa yang terjadi salah satunya adalah peristiwa penyerangan Malaka yang dilakukan oleh Portugis.

Dilansir Utara Times dari uinsby.ac.id bahwa kesuksesan Portugis menguasai wilayah-wilayah di Hindia terus bertambah dari tahun ketahun.

Pada tahun 1510 M Goa telah berhasil dikuasai di bawah pimpinan Alfonso d Albuquerque yang memiliki sifat sangat agresif.

Baca Juga: Tarif Ojol Naik Mulai 14 Agustus 2022! Simak Rincian Terbarunya

Goa yang dikuasainya kemudian dijadikan sebagai markas besar, dengan adanya markas besar ini diharapkan dapat membuat serangan secara teratur terhadap lawannya.

Alfonso d Albuquerque sadar bahwa pemeliharaan pasukannya yang berada di markas besar membutuhkan biaya yang sangat banyak, untuk menutupi kekurangan biaya satu-satunya jalan adalah dengan perdagangan.

Hal inilah yang membuat Alfonso ingin mencari sumber rempah-rempah yang sangat menguntungkan diperdagankan di Eropa.

Halaman:

Editor: Rosma Nur Riana


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah