Dalam Pidatonya, Pemimpin Turki Erdogan Serukan Warganya Boikot Produk Prancis

- 27 Oktober 2020, 07:07 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. /Twitter/@trpresidency /

UTARA TIMES - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin menyerukan kepada rakyatnya agar memboikot produk Prancis terkait dengan apa yang disebutnya sikap bermusuhan terhadap Muslim yang ditunjukkan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Tidak hanya itu Presiden Turki Recep Tayyip Erdoganpun mendesak pemimpin Uni Eropa untuk menghentikan agenda "anti-Islam".

"Seperti mereka yang mengatakan 'jangan membeli barang bermerek Turki' di Prancis, saya juga menyerukan kepada seluruh warga di sini agar tidak pernah membantu merek-merek Prancis ataupun membelinya," ujar Erdogan.

Baca Juga: Untuk Negara Sahabat, Jokowi Lantik 12 Duta Besar

Lebih lanjut, para pemimpin Uni Eropa harus mengambil langkah untuk mengakhiri agenda "anti Islam" yang dijalankan Macron, kata Erdogan dalam pidato yang sama dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad.

Menurut lembaga statistik Turki. Produk otomotif Prancis adalah salah satu yang mempunyai nilai penjualan mobil tinggi di Turki, Prancis termasuk negara pengimpor terbesar ke-10 bagi Turki, dan pasar terbesar ke-7 untuk produk ekspor Turki.

Sebelumnya pada Sabtu 24 Oktober kemarin, Erdogan menyebut Macron mempunyai masalah dengan umat Muslim dan perlu melakukan pemeriksaan mental sebagai tanggapan atas pidato Macron yang dianggap menyuburkan Islamofobia.

Baca Juga: Sudah Kebagian Dari 6 Bantuan Bulan Oktober Ini?

Dalam pidatonya, Macron berjanji untuk memerangi "separatisme Islam", dengan menyebutnya mengancam untuk mengambil alih sejumlah komunitas Muslim di Prancis.

Halaman:

Editor: Abdul Hapid Badrudin

Sumber: Reuters, ANTARA


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X